SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG DI WEB CUSTOM DAN SPAREPART

Senin, 30 Maret 2020

Spion Custom


Spion Custom

‘Berjuta-juta’ (wah banyak bangat) bentuk spion masa kini. Masa lalu bila tidak bulat ya kotak. Bukan soal kacanya, tapi penampilan desainnya  yang variatif. Sengaja diciptakan begitu untuk mewujudkan para modifikasi, pengdara  harian yang motornya canggih-canggih, dan semuanya deh. Tetapi bagi seorang pemodifikasi, kaca spion boleh jadi inspirasi.
Kaca spion memang tidak sekadar mata-mata keadaan belakang untuk peraturan berlalu lintas. Tinggal pilih mulai dari sport, naked, street fighter, cafĂ© racer, board track, pokoknya tesedia di toko-toko. Ya, tapi carinya  di toko sembako motor, bukan di toko beras. “Macam-macam desainnya saat ini. Warna juga banyak pilihan, tapi memilih yang pas sesuai tema modifikasi, boleh tanya sama saya. Tapi nggak perlu modif dan hanya beli spion sesuai tipe motor juga bole,” kata Leo Sunario, pedagang dan pemodif dari Xtreme Motor Sport (XMS).

Knalpot Custom

Wild Cub 



Untuk motor Anda yang bergaya Scrambler, Jap Style, Street Tracker, atau Flat Tracker. Wild Cub Original menawarkan produk peredam gas buang dengan beberapa model, harga Rp 200-ribuan.
image

Custom Ala Street Cub


STREET CUB

Didominasi oleh motor bebek tahun 70-90an akhir dari pabrikan sayap mengepak, seperti Honda C Series, Astrea Grand, Astrea Prima dan Impressa. Ciri khas dari aliran ini terlihat pada bagian buritan yang dibikin trondol (tidak menggunakan spakbor), serta penggunaan stang tipe flat bar atau semi hanger yang membuat motor terlihat lebih simpel. Steet cub seringkali dikombinasikan dengan penggunaan ban donut yang memiliki profil gendut untuk membuat tampilan motor menjad bantet :)

Custom Ala Moped


MOPED

Moped adalah akronim dari motor berpedal, di dirancang untuk menyediakan sarana transport sederhana, murah tetapi sekarang telah berkembang di Indonesia sehingga penampakannya menyerupai skuter dan motor bebek. Dibeberapa negara kendaraan roda tiga dan roda empat kecil kadang-kadang digolongkan juga sebagai moped. Kebanyakan moped dimodifikasi menjadi cafe racer look, dan dibuat beda dengan penggunaan ban yang tidak terlalu lebar supaya kinerja mesin tidak berat serta nyaman untuk dipakai manuver.



Custom Ala Sinner and Socal

SINNERS AND SOCAL


The Sinners Socal (South California), aliran satu ini memiliki banyak penggemar yang tersebar di Amerika Serikat. Pada dasarnya aliran ini adalah pengembangan dari Chopper yang dimodifikasi stang nya menjadi Z-bar / U-bar / T-bar yang tidak terlalu lebar, ban kecil di kedua roda-nya sehingga menjadi unik dan tidak seperti kebanyakan chopper lainnya.

Custom Ala Jap Style


JAP STYLE


Kalo kamu pengen motor custom yang nyaman dipake harian, pilih saja Jap Style. Tidak banyak bagian motor yang harus dimodifikasi jika kamu memutuskan untuk memilih aliran ini. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah memotong rangka bagian belakang untuk dudukan spakbor dan stoplamp yang kecil, mengganti ban yang lebih besar dan lebar, membentuk tangki bensin yang lebih kecil (bisa juga beli jadi) sehingga terlihat lebih sederhana / simpel serta membuat proporsi wheelbase yang lebih pendek dibanding body.

Custom Ala Chopper


CHOPPER

Stang tinggi, jok rendah, fork panjang dan menggunakan rangka yang didesain khusus kemiringannya adalah ciri khas motor Chopper. Selain itu ada juga ciri khas di bagian kaki-kaki, dimana diameter roda depan lebih besar dibanding roda belakang dan penggunaan ban dengan lebar yang sangat kontras. Aliran ini banyak didominasi oleh motor Harley-Davidson, meskipun sekarang ini banyak juga motor-motor Jepang'an yang dimodifikasi bergaya chopper.


 

Flat Tracker

FLAT TRACKER

Aliran ini muncul dalam sebuah seri balapan yang bernama Flat Track, hampir mirip dengan street tracker tetapi menggunakan buntut meruncing dan tangki yang lebih kompak (kecil).

Custom Ala Street Tracker


STREET TRACKER

Tampilan motor ini layaknya trail jadul seperti Honda XL, Yamaha DT, Suzuki TS dan sebagai nya. Tracker adalah kombinasi antara gaya motor trail enduro dan motor jalanan, sehingga motor ini dapat dipakai dual-purpose.

Custom Ala Scramble


SCRAMBLE

Jika kamu suka riding di alam bebas, berpetualang ke tempat yang kondisi jalannya jelek (off-road), scrambler ini bisa jadi salah satu aliran yang patut untuk kamu pertimbangkan. Penggunaan ban motif kotak (tahu), knalpot di samping body, serta ground clearence yang tinggi untuk memudahkan manuver di segala medan sesuai jiwa motor petualang.

Custom Ala Brat Style


BRAT STYLE


Ini adalah nama sebuah bengkel modifikasi di Tokyo Jepang, empunya bernama Go Takamine. Motor yang dia bangun sangat berkarakter sehingga setiap orang yang melihatnya akan langsung tahu kalo ini pasti kreasi dari Bratstyle. Sekilas aliran mirip dengan bobber dimana kesederhanaan adalah filosofinya, menggunakan ban gendut motif klasik di depan belakang, tangki chopper, stang semi hanger, rangka yang sudah tidak lagi rigid alias menggunakan suspensi dan jok yang lebih panjang sehingga bisa buat boncengan.

Custom Ala Brat Cafe

BRAT CAFE

Pada inti nya aliran Brat Cafe hampir mirip dengan aliran Cafe Racer, hanya saja terdapat perbedaan di bagian jok belakang yaitu hilangnya hornet (buntut tawon) dan diganti dengan menggunakan jok datar yang memanjang seperti papan skateboard.

Custom Ala Bobber



BOBBER

Aliran ini muncul sekitar tahun 1920 an di Amerika, mulanya hanya untuk motor-motor Harley Davidson saja yang dimodifikasi dengan style Bobber namun sekarang ini sudah umum digunakan untuk berbagai merk & tipe motor. Ciri khas nya adalah melepas fender depan, memperpendek bagian belakang (wheelbase), stang rendah, menggunakan ban donut (profil gendut) untuk depan-belakang dan melepas semua kelebihan asesoris, motor secara signifikan terlihat lebih minimalis.

Cut-down juga dilakukan pada frame (rangka) yang dibuat lebih rigid dengan membuat pipa diagonal dari ujung atas komstir sampai ke poros roda belakang, kemudian dudukan jok dipotong dan ganti dengan model single seater supaya menghasilkan ground clearence yang lebih rendah.

Custom Ala Caferacer


CAFE RACER

Ini adalah aliran paling dikenal dalam dunia motor custom sekarang ini, mengadopsi gaya dari motor balap jaman dulu yang unik. Ciri khas nya adalah menggunakan stang tipe jepit nunduk, jok rata - single seater, tangki bahan bakar ramping memanjang agar nyaman dijepit paha, hornet (buntut tawon) pada bagian belakangnya dan bisa memakai fairing. Cafe Racer ini sebenarnya dioptimalkan untuk kecepatan, kesederhanaan dibanding kenyamanan berkendara. Dengan gaya berkendara yang sangat nunduk tentunya akan kurang nyaman dipakai untuk berkendara jarak jauh (baca touring).